CARA AJARKAN BALITA KETRAMPILAN INI

Berbagi :

  1. Memasang kancing lolos. Sejak kapan? Usia 3 tahun, karena aktivitas ini membutuhkan ketrampilan motorik halus yang lebih kompleks, berupa memutar jari-jari. Mulailah dengan kancing baju berukuran besar, misalnya kancing coat atau blazer bunda. Buka dan kancingkan kembali, demikian seterusnya. Saat belajar mengancingkan bajunya sendiri, gunakan cermin agar anak dapat melihat gerakan tangannya. latihan sehari-hari: gunakan kancing-kancing berbeda ukuran  yang tidak menempel di baju. Latih anak memasukkan kancing-kancing itu ke dalam lubang kancing pada baju. Bila sudah terbiasa, baru gunakan kancing yang terpasang di baju untuk dimasukan ke lubangnya.
  2. Menutup ristleting. Sejak kapan? Usia 3 tahun. Meristleting baju agak sulit dilakukan, sebab saat melakukannya kedua tangan anak harus mengerjakan dua hal berbeda, satu tangan memegang baju, tangan lain menarik ristleting. Latihan sehari-hari: belajar membuka dan menutup ristleting berukuran lebih besar daripada ristleting baju. Bisa juga melatih anak dengan menggunakan baju bonekanya sebagai dummy.
  3. Mengikat tali sepatu. Sejak kapan? Mulai usia 3 tahun, karena saat itu tangannya sudah bisa melakukan gerakan memutar. Untuk mengikat tali sepatu dibutuhkan kemampuan koordinasi tangan dengan otak, kekuatan, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas. Bila dimulai sejak usia 3, di usia 3 ½ tahun anak akan dapat melakukan tugas ini dengan baik, dan di usia 5 tahun hasil ikatan tali sepatunya akan sempurna. Latihan sehari-hari: tunjukan caranya berkali-kali, bila anak Anda belajar dengan melihat contoh. Untuk menguasai ketrampilan ini, anak butuh banyak berlatih agar jari-jarinya terbiasa. Untuk menunjang keterampilan mengikat tali sepatu, ajak anak bermain dough, balok, lego, dan menggambar dengan krayon, untuk melatih jari jemarinya melakukan gerakan detail dan koordinasi.
  4. Memasang kancing tempel. Sejak kapan? Usia 2 hingga 3. Di usia ini anak sudah bisa meletakkan kancing di tatakannya, lalu menekannya kuat-kuat agar terkancing. Yang tersulit adalah ketika dia harus mengukur kekuatan saat menekan kancing -banyak anak memiliki masalah dengan sensor kedalaman wadah. Latihan sehari-hari: bermain dengan adonan kue atau dough.
  5. Berpisah dengan selimut kesayangan. Sejak kapan? Usia 2 tahun, karena saat ini bisa dipastikan selimutnya sudah usang dan sudah pantas dibawa ke mana-mana. Namun, Joshua Sparrow, psikolog dari Harvard Medical School, mengingatkan orangtua untuk memastikan anak mendapatkan sumber kenyamanan lain untuk menggantikan sumber kenyamanan dari selimut kesayangan, misalnya mainan soft toys,  buku, atau latihan olahraga. Latihan sehari-hari: Sembunyikan selimutnya selama 15 menit, lalu 30 menit, 1 jam, dan tambah terus durasinya setiap hari. Ketika anak minta selimutnya, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain atau membacakannya buku.  Bila ia tetap gelisah, minta dia memilih mainan lain untuk digenggam.

bila ingin tau lebih dalam bisa klik disini

Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar