10 KARAKTER GURU YANG BAIK

Berbagi :
10 Karakter guru yang disukai Anak
1. Sabar
 Kesabaran merupakan suatu kondisi seseorang dapat mengendalikan emosinya ketika dihadapi suatu kondisi tertentu. Misalnya seorang guru sering menghadapi tingkah laku anak didik, terkadang tingkah laku tersebut tidak menyenangkan, sulit diatur, membuat gaduh suasana kelas sehingga berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.  

2. Penuh kasih sayang

Ketika berada di lingkungan sekolah, guru merupakan orang tua bagi anak didiknya. Anak usia dini, relatif masih sangat muda membutuhkan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Oleh karena itu, peran guru sebagai orang tua di sekolah harus mampu memberikan kasih sayang tulus kepada semua anak didiknya.

3. Penuh perhatian

Seorang guru yang baik memiliki sifat penuh perhatian kepada anak didiknya. Guru harus peka melihat segala sesuatu perubahan yang terjadi pada anak didiknya. Misalnya, ketika seorang anak yang biasanya ceria dan semangat belajar di kelas, suatu waktu anak tersebut menjadi sensitif, mudah menangis dan tidak semangat belajar. Guru yang penuh perhatian tentunya akan mengetahui perubahan tersebut dan mencari tahu penyebabnya. 

Image result for karakter guru yang baik

4. Ramah

Guru hendaknya selalu menunjukkan perilaku yang menyenangkan bagi orang lain. Ketika masuk ke dalam kelas, berikan senyuman kepada seisi kelas, jangan bermuka masam, cemberut dan berkesan galak.

5. Adil

Adil merupakan satu sifat lain yang perlu dimiliki guru sebagai pendidik. Guru yang adil adalah guru yang tidak membeda-bedakan anak, semua anak diperlakukan sama terutama dalam hal perhatian dan kasih sayang.

6. Pemaaf

Sikap pemaaf adalah rasa memaklumi atas perbuatan atau kemampuan yang dimiliki anak. Seorang guru tidak boleh memiliki rasa dendam dan kesal pada anak , guru yang pendendam akan memperlakukan anak dengan perilaku yang tidak menyenangkan, misalnya dengan sering mengancam anak.

7. Menghargai dan mengerti anak

Rasa dihargai merupakan salah satu aspek kebutuhan setiap individu yang perlu dipenuhi termasuk anak usia dini. Sekecil-kecilnya kemampuan yang ditunjukkan anak, guru harus mampu menghargainya.

8. Memberi kebebasan pada anak

Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, anak memiliki sifat berpetualang, tidak mengenal takut dalam situasi apapun dan anak tidak mengenal lelah.

9. Menciptakan hubungan yang akrab dengan anak

Memfasilitasi tumbuh kembang anak merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan guru. Anak memiliki potensi untuk berkembang baik potensi fisik, intelektual, sosial, emosi, maupun bahasa.Guru perlu menciptakan hubungan yang akrab dan menyenangkan dengan anak agar dapat mendorong pencapaian perkembangan seperti yang diharapkan.

 

LPGTK - Tadika Puri

  


 

 


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar