9 Cara Mengajar Anak Mengaji Dengan Baik dan Efektif

Berbagi :

1. Menyiapkan Ruhiyah Kita


Mendidik anak supaya bisa mengaji merupakan salah satu kewajiban orang tua terhadap anaknya dan termasuk syiar dalam Islam. Bahkan sejak berada di dalam kandungan anak harus sudah dibiasakan mendengarkan bacaan al-Quran ibu atau bapaknya.

2. Mencari Waktu Yang Prima Untuk Mengajarkan Anak Mengaji


Cara yang kedua adalah memilih waktu yang bagus untuk mengajari anak mengaji. Artinya kalian jangan memilih waktu dimana saat anak keadaan lelah. Lalu kapan waktu yang baik untuk mengajarkan anak baca Iqra' atau Quran?

Saya tidak dapat menjawab pertanyaan di atas, sebab yang lebih tahu kapan waktu yang prima ialah anda sendiri. Yang penting kuncinya 3: waktunya ditetapkan, pilih waktu yang istimewa dan yang ketiga harus dipatuhi.

3. Menyambut Kedatangan Anak

Poin ini di khususkan untuk para guru yang mengajarkan anak di sebuah sekolah lembaga Islam. Sebaiknya anak disambut dengan wajah ceria supaya si anak merasa nyaman terhadap gurunya. Tanyakan kabar-kabar selama di rumah, berikan sentuhan dan belai kepalanya. Atau bisa juga menanyakan menu makanan paginya.

4. Membentuk Halaqah dan Menerapkan Adab Adab Anak

Ini adalah langkah paling penting dalam mengajarkan anak mengaji. Murid-murid diharuskan memperhatikan adab-adab bermajelis agar bisa fokus dan ilmunya lebih mudah masuk serta berkah.

5. Berkisah Sebelum Mengajar Anak Mengaji

Anak akan kaget dan mentalnya belum siap apabila setelah masuk kelas atau setelah duduk di rumah, kalian langsung menyuruh anak setoran bacaan Iqro. Jadi Buatlah si anak rileks dan merasa nyaman kepada gurunya supaya tertanam pada mereka kalau belajar itu tidak membosankan.

6. Memberi Pengertian ke Anak, Alasan Mengapa Harus Mengaji

Agar hati anak lebih lapang, para orang tua dapat memberi pengertian mengapa si kecil harus belajar mengaji. Kira-kira Ayah Bunda harus menjelaskan bahwa kita di dunia bukan diciptakan untuk bermain saja. Namun bermain ada waktunya, tidur ada waktunya, makan ada waktunya dan belajar juga ada waktunya.

7. Membuat Jadwal

Jadwal mengaji akan membantu si anak bisa konsisten dan istiqomah. Selain itu dengan jadwal kita bisa lebih mudah menerapkan target capaian anak. Jadi buatlah jadwal kapan di harus mengaji dan apa saja yang harus dipelajari.

8. Mendahulukan Kualitas Daripada Kuantitas

Hari ini banyak pendidik yang salah kaprah dalam mengajarkan Al-Quran atau bacaan Iqro pada anak. Biasanya para orang tua menuntut agar anaknya bisa menghafal banyak surat akan tetapi mereka melupakan kualitas bacaannya. Baik dari segi makhraj maupun tajwid.

9. Sabar dan Memberi Hadiah

Terakhir adalah bersabar dalam mendidik anak. Selalu memperbaiki diri dan mengupdate diri supaya terus meningkatkan kualitas kita dalam mengajar. Karena saat mengajari anak mengaji biasanya mendapat kendala seperti sulitnya mereka dalam memahami bacaan khususnya bagi anak yang berusia 2 sampai 3 tahun.
Bila ingin lebih dalam tentang ini bisa klik disinih

Playgroup Tk Tadika Puri

  


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    1 Komentar

    Posting Komentar